0 13 min 3 weeks

Lodares Passage Sebuah Tempat Bersejarah Yang Wajib Kalian Kunjungi Di Albacete – The Passage of Lodares adalah bersejarah dan monumental komersial dan residensial galeri yang terletak di pusat bersejarah dari Spanyol kota dari Albacete. Terletak di antara jalan Tinte dan Mayor , bangunan ini dibuat dalam citra dan rupa galeri Italia milik arsitektur modernis awal abad kedua puluh .

Lodares Passage Sebuah Tempat Bersejarah Yang Wajib Kalian Kunjungi Di Albacete

Turismoenalbaceteblog – Lodares bagian dari Albacete adalah di sebelah bagian Gutierrez di Valladolid dan bagian dari siklon dari Zaragoza , salah satu dari hanya tiga contoh dari jenis galeri yang tetap di Spanyol. 1 Itu, menurut surat kabar El Mundo , salah satu jalan terindah di Spanyol, ikon kota. 2

Baca Juga : Feria de Albacete Tempat Wisata Malam Yang Wajib Dikunjungi Ketika Ke Albacete

galeri komersial

Galeri komersial adalah jalan (atau alun-alun) yang sepenuhnya tertutup dan terbuka hanya untuk lalu lintas pejalan kaki di mana berbagai perusahaan komersial dan perhotelan bertemu. Galeri komersial berbeda dari pasar tertutup yang terbatas pada penawaran berbagai produk dalam ruangan yang khas di pasar terbuka.

Perluasan galeri komersial klasik bertepatan dengan Belle poque . Beberapa contoh galeri generasi ini ada di banyak kota Italia , yang paling terkenal adalah Galeri Victor Emmanuel II di Piazza del Duomo di Milan dan Galeri Humberto I di Naples . Namun, penghargaan untuk memperkenalkan istilah “galeri” diberikan kepada Galeri Cristoforis yang sudah tidak berfungsi, yang terletak di antara Corso Vittorio Emanuele II dan Via Montenapoleone di Milan. Periode kedua perkembangan galeri komersial terkait dengan kelahiran pusat perbelanjaan besar di mana arena perbelanjaan mewakili elemen pendahulu yang mendasar.

Galeri komersial abad XXI

Cabang Eropa dari Dewan Pusat Perbelanjaan Internasional , ICSC-Eropa, dalam kerangka Eropa umum untuk klasifikasi pusat perbelanjaan, didirikan pada tahun 2006 bahwa «galeri belanja» 1 memiliki GLA hingga 4.999 m² dan dengan karakteristiknya sendiri yang membuatnya luar biasa.

Di sisi lain, kerangka Eropa tidak mempertimbangkan pusat perbelanjaan di sektor pusat perbelanjaan, justru karena GLA-nya. 2 Jadi, sementara dalam bahasa sehari-hari, arena perbelanjaan dianggap sebagai pusat perbelanjaan kecil, dalam istilah teknis arena perbelanjaan adalah asosiasi perusahaan komersial yang unik karena bangunan, sejarah, lokasi, spesialisasi seperti Mercado de San Miguel atau Pasar Fuencarral di Madrid .

Galeri komersial dan konsumsi rumah tangga

Evolusi pasar untuk pusat perbelanjaan dan galeri secara langsung berkaitan dengan kapasitas konsumsi rumah tangga, dengan aktivitas yang bertahan di saat krisis seperti saat ini. Rasio analisis kematangan pasar ini adalah GLA / penduduk, meskipun garis analisis lain lebih memilih GLA / M € yang dikonsumsi, yang lebih baik menghubungkan pasar real estat dan ekonomi riil. 3

Centro histórico de Albacete

The pusat bersejarah Albacete , juga dikenal sebagai sumbu bersejarah Albacete , adalah ruang kota dari Spanyol kota dari Albacete terletak di pusat ibukota. 1 Ia mengumpulkan nilai-nilai patrimonial dengan cara yang tunggal dan luar biasa. Karena jumlah bangunan yang dilestarikan, itu dianggap mewakili perencanaan kota pada paruh kedua abad ke – 19 dan sepertiga pertama abad ke – 20 . Ini adalah salah satu sumbu sejarah kota. Saat ini, deklarasinya sebagai Aset Kepentingan Budaya sedang dalam arsip .

Lokasi

Sumbu sejarah Albacete terletak di dalam Pusat kota. Ini terdiri dari jalan-jalan dan ruang publik berikut: Paseo de la Libertad , Plaza del Altozano , Calle Marqués de Molins , bagian pertama Calle Tesifonte Gallego (antara Calle Mayor dan Tinte ) dan Calle Mayor hingga Passage de Lodares , sebagai serta sifat-sifat yang membentuknya.

Deskripsi

Paseo de la Libertad

The Paseo de la Libertad (jalan Progreso tua) adalah sebuah jalan yang lebar dengan trotoar pohon sentral, yang pembukaan berlangsung pada tahun 1853 sebagai bagian dari proses ekspansi kota yang terjadi selama paruh kedua 19 abad. , Setelah penyitaan biara yang ada dan kedatangan kereta api ke kota (1855).

Penyitaan akan menyebabkan munculnya ruang kota besar, yang sebelumnya ditempati oleh biara ( San Agustín , Justinianas ), yang akan memungkinkan perencanaan kota pertama di wilayah kota ini, yang disebut oleh berbagai penulis sebagai “Ekspansi Dalam” . Penting untuk menunjukkan sifat unik dari penyitaan di Albacete, yang tidak diterjemahkan ke dalam penyerahan aset gerejawi kepada inisiatif pribadi, melainkan dalam konversi mereka menjadi milik umum. Faktor ini menjelaskan penanaman sejumlah gedung institusi di kawasan ini.

Demikian juga, kedatangan kereta api akan bertindak sebagai inti polarisasi untuk pertumbuhan wilayah kota ini, yang perimeternya terdiri dari San Antón, jalan San Agustín ( jalan San Agustín dan Martínez Villena saat ini ), gang Peñicas (jalan León saat ini) dan rel kereta api. Kisi-kisi interior ruang ini terdiri dari jalan-jalan Bosque (jalan Ricardo Castro saat ini), Carcelén (1866), Isaac Peral (1889), jalan Salamanca , Muelle dan Progreso (saat ini Paseo de la Libertad), sumbu administratif dari kota baru, kota modern, kota rel kereta api, dan borjuasi liberal.

Kantor-kantor pemerintahan provinsi dan kota akan datang ke daerah ini, melanjutkan proses yang telah diresmikan dengan lokasi Pengadilan Wilayah di lokasi biara lama San Agustín (1860); Pemerintah Sipil, di depan stasiun; Bank Spanyol, di jalan Salamanca; Pekerjaan Umum, di Gaona; yang Dewan Provinsi (1880), di Paseo de la Libertad, dan balai kota tua (1903).

Konfigurasi struktur perkotaan di daerah tersebut dipertahankan pada saat ini, serta boulevard pusat, namun, kecuali untuk dua bangunan institusional dan beberapa bangunan pribadi lainnya, sebagian besar bangunan dari akhir abad ke – 19 dan yang pertama ketiga abad xx , telah menghilang sebagai akibat dari kehebohan pembangunan dan konstruksi yang dimulai pada tahun 1970-an, disertai dengan rasa palsu tentang pembaruan dan modernitas perkotaan dan kurangnya minat mutlak dalam mempromosikan mekanisme konservasi, rehabilitasi dan pemulihan di pihak perencanaan kota saat itu.

Plaza del Altozano

Paseo de la Libertad mengarah ke Plaza del Altozano (saat ini disebut Plaza del Progreso). Asal usul alun-alun ini terletak pada akhir abad ke – 16 , ketika biara San Agustín (bagian dari situsnya sekarang ditempati oleh Istana Kehakiman Albacete ) dan Justinianas ( Delegasi Perbendaharaan saat ini dan bagian dari Plaza del Altozano), tetapi pada paruh kedua abad ke – 19 ketika pohon pertama ditanam di sekitarnya dan pagar pembatas dipasang, menjadi ruang publik lanskap yang merupakan area hijau tertua asal antropik di kota.

Pada akhir tahun 1920-an, pada saat pembongkaran biara Justinian , alun-alun diperluas, memperoleh konfigurasi saat ini. Pada tahun 1937, pada saat Perang Saudara , sebuah tempat perlindungan bom dibangun di bawah tamannya, memaksa area tersebut untuk ditata kembali pada tahun 1940-an. Desainnya saat ini, dalam gaya Prancis, tampaknya merupakan karya Ramón Ortiz Ferrer, Tukang Kebun Senior Dewan Kota Madrid pada waktu itu.

Baca Juga : Pulau Sado, Tempat Wisata Terbaik di Jepang

Beberapa bangunan paling simbolis di alun-alun telah menghilang, seperti gedung Audiencia, karya arsitek Francisco Jareño , juga penulis Perpustakaan Nasional Madrid, Bank Sentral , karya arsitek Isidro de Benito , atau Teater Capitol, karya arsitek Julio Carrilero.

Jalan Marqués de Molins dan Tesifonte Gallego

The Marques de Molins dan selanjutnya, jalan Ctesiphon Gallego , menghubungkan Plaza de Altozano dan Plaza de Gabriel Lodares , merupakan jalan komersial dan perumahan kota baru yang perkembangannya dihasilkan dari dekade kedua abad xx , dipupuk oleh implementasi infrastruktur penting seperti penerangan umum , saluran pembuangan dan pasokan air , serta pembangunan Taman Canalejas pada tahun 1911 ( Taman Abelardo Sánchez saat ini), yang membentuk kutub perkembangan kota yang menandai pertumbuhan kota ke arahnya dan mengubah palung Río Piojo primitif menjadi semacam Gran Via lokal, yang disebut Calle Ancha , cerminan dari metamorfosis arsitektur Albacete dari awal abad ke – 20 dalam varian yang berbeda.

Poros Sejarah meliputi jalan Marqués de Molins dan bagian pertama jalan Tesifonte Gallego, yaitu jalan Umum Val lama, nama jalan yang dibangun di dasar sungai yang disebut Río Piojo ini dikenal di tengah kedua abad ke – 19 .

Di bagian pertama Calle Ancha ini terdapat banyak contoh bangunan bergaya eklektik dan modernis yang didedikasikan untuk perumahan sewa, dengan lantai dasar ditempati oleh tempat komersial dan bank besar yang mencari pusat kota, dan jika mungkin, arsitektur dengan pesona tertentu. Menghadapi hal ini, bagian yang paling dekat dengan Taman Abelardo Sánchez dan sekitarnya menunjukkan arsitektur tipe perumahan yang ditandai dengan adanya rumah-rumah yang terisolasi atau dengan satu dinding pemisah, sebagian besar dari mereka menghilang, salah satu contoh yang paling terkenal adalah Chalet.

Fontecha , di Calle Tesifonte Gallego, mendeklarasikan sebagai Aset Kepentingan Warisan. Calle Marqués de Molins merupakan area inti dari Poros Bersejarah, area yang paling terpelihara, di mana bangunan-bangunan dengan nilai seni-sejarah terbesar terkonsentrasi dan citra perkotaan dan arsitektur yang lebih homogen ditampilkan, dengan lebih banyak kemungkinan untuk regenerasi.

Jalan Utama

The utama jalan dianggap salah satu jalan tertua di Albacete , merupakan sebuah begitu- disebut “Historical Axis” dari kota. Ini menghubungkan Plaza Mayor , yang terletak di antara Alto de la Villa dan bukit San Juan , dengan lereng La Purísima di Carretas .

The Plaza Mayor memiliki asal-usul dalam 16 abad , pada saat beberapa penulis menyebutkan penciptaan New Plaza, diidentifikasi dengan itu, yang dimasukkan dalam fase pengembangan perkotaan dari abad pertengahan kota , yang melampaui batas-batas kandang berbenteng dan ditandai dengan menjadi tahap pertumbuhan dan reformasi yang mempengaruhi tiga inti asli kota.

Selama abad ke – 18 , pusat melanjutkan gerakannya ke arah timur, mengkonsolidasikan dirinya secara definitif pada abad ke – 19 , sedemikian rupa sehingga persimpangan jalan Rosario dan jalan Walikota merupakan pusat prestise sosial baru pada periode ini, dengan banyak bangunan terpampang di jalan-jalan ini. . Salah satu bangunan paling unik dan luar biasa di kota ini terletak di jalan ini, Pasaje Lodares .

Bangunan ini diperintahkan untuk dibangun oleh Gabriel Lodares dalam gambar dan rupa galeri komersial yang ada di Italia , menurut sebuah proyek yang dibuat pada tahun 1925 oleh arsitek Valencia Buenaventura Ferrando Castells. Ini adalah bangunan lima lantai, dilintasi oleh lorong yang ditutupi oleh struktur runcing besi dan panel kaca, yang menghubungkan jalan Mayor dan Tinte . Bangunan tersebut dinyatakan sebagai Aset Kepentingan Budaya .

Sejarah

Ini dirancang oleh arsitek Valencia Buenaventura Ferrando Castells pada tahun 1925, mengikuti tren yang tiba di Spanyol pada masa pemerintahan Isabel II , berkembang selama Restorasi Bourbon dan mencapai ekspresi maksimumnya pada abad ke – 19 di bawah pengaruh seluruh Eropa . 3 Gabriel Lodares membangunnya sesuai dengan citra dan rupa galeri komersial yang ada di Italia, dengan lantai yang ditujukan untuk publik dengan kekuatan ekonomi tinggi, serta tempat komersial, sehingga diusulkan sebagai jalur pribadi dan tertutup, meskipun jalur bebas dari fajar hingga senja untuk memungkinkan akses ke toko-toko yang terletak di sana.

Desain dan dekorasi

Itu ditutupi oleh skylight kaca besar dengan lengkungan besi yang menghubungkan dua jalan utama, El Tinte dan Calle Mayor . Faade Calle del Tinte terdiri dari permukaan yang lebih besar dan lebih monumental, sedangkan fasad Calle Mayor lebih sederhana karena pemilik rumah di sebelah kirinya akhirnya tidak setuju untuk dijual. Karena itu, fasadnya asimetris dan beberapa tempat komersial jelas lebih sempit daripada yang lain. Mengenai ketinggiannya, terdiri dari tiga lantai rumah, selain mezzanine untuk tujuan komersial.

Setiap ujung bangunan memiliki pintu jeruji besi tempa besar, dengan ornamen besar di bagian atas yang bertuliskan inisial nama Gabriel Lodares . Tempat dipisahkan oleh kolom Renaisans dengan ornamen historisis modernis dan neo-barok; mangkuk buah besar dan kelompok anak-anak yang memegang karangan bunga terwakili di fasad. Perlengkapan balkon utama dirancang oleh seniman Albacete José Tejados. Di dalamnya ada figur alegoris lain dalam bentuk caryatid yang menghadirkan Industri, dengan roda gigi; Kekayaan Bumi, membawa tumpah ruah; Seni Puitis, memainkan kecapi dan, akhirnya, Seni Liberal, memegang patung kecil dan palu, yang semuanya dilengkapi dengan banyak kepala Merkurius , dewa perdagangan.

Bagian dari Lodares dalam budaya

Stasiun radio pertama yang ada di Albacete , EAJ 44 , salah satu yang tertua di negara ini, didirikan oleh keluarga Cuevas, terkait dengan jurnalisme, bermarkas di monumen simbolis sekitar tahun 1930 . Itu juga merupakan markas besar Asosiasi Teman Uni Soviet di ibu kota. Bagian yang baik dari film Di provinsi sutradara Ramón Gómez Redondo ditembak di ruang ini pada tahun 1974, di mana aktor seperti Marisa Paredes , Luis Ciges atau Paco Merino berpartisipasi .