0 14 min 3 weeks

Albacete Merupakan Kota Yang Ada Di Spanyol Yang Memiliki Tempat Wisata Yang Indah – Albacete adalah sebuah kota dan kotamadya di Spanyol komunitas otonom dari Castilla-La Mancha, dan ibukota provinsi Albacete. Terletak di tenggara Semenanjung Iberia , daerah di sekitar kota ini dikenal sebagai Los Llanos .

Albacete Merupakan Kota Yang Ada Di Spanyol Yang Memiliki Tempat Wisata Yang Indah

Turismoenalbaceteblog – Di tengah jalan antara Madrid dan pantai Mediterania , ia menikmati koneksi melalui jalan raya, kereta api (termasuk AVE ), dan udara ( Bandara Albacete ). Dengan populasi 174.336 (2020), ini adalah munisipalitas terbesar di Castilla–La Mancha . Kotamadya Albacete juga merupakan yang terbesar ketujuh di Spanyol berdasarkan total luas, menjadi 1.125,91 km 2 (434,72 sq mi). Albacete adalah kursi untuk Pengadilan Tinggi regional .

Baca Juga : Wisata Wajib di Paris yang Tak Boleh Terlewatkan

Asal muasal kota ini tidak pasti, dengan bukti awal pemukiman yang berasal dari zaman Al-Andalus , ketika pemukiman tersebut awalnya bernama البسيط ( Al-Bas ), yang berarti “Datar” dalam bahasa Arab , mengacu pada tanah datar di sekitar. . Albacete adalah markas utama Brigade Internasional selama Perang Saudara Spanyol

Bagian dari wilayah bersejarah La Mancha , Albacete memiliki reputasi sebagai produsen pisau gesper. Daerahnya yang datar dan penghapusan hambatan arsitektur dilaporkan menjadikannya salah satu kota yang paling mudah diakses di seluruh negeri. Di antara beberapa perayaan yang dirayakan di kota itu, Feria de Albacete pada bulan September menonjol, dinyatakan sebagai perayaan “Minat Turis Internasional”.

Albacete adalah rumah bagi perusahaan multinasional [ yang mana? ] dan memiliki lima zona industri besar, termasuk Campollano, kawasan industri terbesar Castilla–La Mancha. [ tidak diverifikasi dalam tubuh ] Albacete menampung salah satu kampus Universitas Castilla–La Mancha , Kampus Biomedis Albacete dan Taman Teknologi Albacete. Industri penerbangan adalah salah satu mesin ekonomi utama kota. [ tidak diverifikasi dalam tubuh ] Albacete menjadi tuan rumah Sekolah pilot NATO TLP , Pangkalan Udara Los Llanos , Ala 14 dan Air Maestranza Albacete . Selain itu, kota ini memiliki Taman Udara dan Logistik Albacete, rumah bagi perusahaan besar.

Nama

Nama Albacete berasal dari nama Andalusia untuk daerah tersebut, kota yang awalnya disebut البسيط ( Al-Bas ) dalam bahasa Arab, yang diterjemahkan menjadi “dataran” mengacu pada dataran tinggi yang menjadi ciri geografi daerah tersebut. Pascual Madoz dalam karyanya yang terkenal Diccionario geográfico-estadístico-histórico de España y sus posesiones de Ultramar (Kamus Geografis-historis-statistik Spanyol dan wilayah seberang lautnya) menunjukkan bahwa dua hipotesis tentang toponim Albacete adalah mungkin.

Pertama-tama ia menyoroti proposal yang diajukan oleh Bernardo Espinalt y Garcia, yang percaya bahwa kota itu didirikan oleh orang-orang Kilikia , yang menyebutnya Celtide dengan mengandalkan Liutprand dari Cremona , ” dalam Hispaniam venientes Celtide vocaverunt hunc locum, quem vocan Albacene merusak mauri(di Spanyol tempat ini disebut Celtide, yang oleh orang Moor disebut Albacene salah)”. Hipotesis kedua menyatakan bahwa asalnya mungkin Alaba dari Celtiberians , disebutkan oleh Pliny the Elder dan oleh Ptolemy , yang dapat mengakibatkan Alba civitas (” Kota putih”), yang kemudian menjadi Albacete .

Kata sifat yang paling umum digunakan untuk menyebut penduduk Albacete adalah albacetense , atau albaceteño/a , tanpa mengurangi nama iblis yang digunakan untuk penduduk berbagai pusat populasi yang membentuk wilayah seperti aguanueveros (penduduk Agua Nuevo) atau colonos untuk tetangga Aguas Nuevas (antara lain).

Sejarah

Asal-usul kota tidak pasti, meskipun beberapa konfirmasi pertama keberadaannya ditemukan selama dominasi Moor di daerah tersebut, ketika itu adalah desa Moor kecil. Namanya berasal dari bahasa Arab البسيط Al-Basit , “El Llano” ( “polos”) mengacu pada sifat planiform dari geografi daerah.

Pada tahun 1240, Albacete menyerah kepada Ferdinand III , yang mendapat dukungan dari Ordo Santiago dan ksatria dari tanah Alarcón . Segera setelah itu, pada tahun 1241, sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan, raja menyumbangkan tempat itu kepada Alarcón. Dusun Albacete dipindahkan dari Alarcón ke Chinchilla oleh Alfonso X pada tahun 1269.

Albacete diberikan hak istimewa kota ( villa ) pada tahun 1375 oleh Don Juan Manuel , pangeran Villena , menjadi independen dari Chinchilla. juga diberikan fuero pada waktu itu. Seabad kemudian, pada tahun 1476, Raja Katolik menghadiahi Albacete karena mendukung Mahkota dengan memberikannya izin untuk mengadakan pasar seminggu sekali.

Selama Pemberontakan Comuneros (1520–22), setelah protes awal, Albacete mendukung kaisar baru Charles V yang, pada tahun 1526, memberikan tanah feodal kota itu kepada istrinya, Permaisuri Isabella dari Portugal . Selama periode ini, pembangunan gereja San Juan Bautista (St. Yohanes Pembaptis) dimulai, yang kemudian menjadi katedral.

Albacete terletak di posisi strategis antara Madrid dan pantai timur Spanyol dan kekayaan pertaniannya menyebabkan pertumbuhan borough selama beberapa abad berikutnya sampai Philip V memberikan izin untuk pameran tahunan (1710). Pameran ini kemudian diadakan di kandang yang dibangun oleh Charles III (1783).

Pada awal abad ke-19, dalam konteks diskusi untuk pembentukan provinsi baru di atas wilayah milik Kastilia Baru dan Murcia , Albacete bersaing untuk status ibu kota dari demarkasi yang dimaksudkan melawan Chinchilla di dekatnya. Mereka memiliki populasi yang sama pada saat itu, meskipun Albacete mungkin memiliki keunggulan dalam kecakapan ekonomi. Chinchilla sempat menjadi kepala provinsi selama trienio liberal sebelum penumpasan absolut Ferdinand VII , tetapi pembagian wilayah definitif tahun 1833 yang dirancang oleh Javier de Burgos menetapkan Albacete sebagai ibu kota provinsi baru Albacete .

Baca Juga : Keindahan Pantai Pink di Pulau Lombok

Segera setelah itu, pada tahun 1834, sebuah Wilayah Audiencia (pengadilan regional) didirikan di Albacete, menjalankan yurisdiksi atas demarkasi yang terdiri dari provinsi Ciudad Real , Cuenca , Murcia dan Albacete.

Rel kereta api mencapai Albacete pada 18 Maret 1855, saat jalur Alcázar de San Juan – Albacete dari jalur Madrid – Almansa dibuka pada hari itu. Albacete diberikan gelar kota ( ciudad ) melalui Keputusan Kerajaan yang dikeluarkan pada bulan November 1862, pada masa pemerintahan Isabella II . Setelah pembukaan jalur kereta api Chinchilla– Cartagena pada tahun 1865, Albacete juga terhubung dengan kota terakhir.

Ketimpangan sosial di abad ke-19 merajalela, dengan tingkat buta huruf yang luar biasa di daerah-daerah yang dihuni oleh pekerja harian. Sementara itu, “kelas menengah” terutama terdiri dari pegawai negeri dan pengacara (berkat menjadi tuan rumah kursi Audiencia ) serta jumlah pedagang yang berkurang. Penerangan listrik jalan diresmikan pada tahun 1888, sehingga menjadi ibu kota pertama provinsi di Spanyol dengan penerangan listrik di jalan-jalannya.

Sepanjang abad ke-19, populasi kota berlipat ganda dari 10.000 penduduk pada awal abad menjadi sekitar 21.000 pada awal abad ke-20. Selama periode ini, Albacete membela Ratu Isabel II melawan kaum Carlist (pendukung Charles , yang berpura-pura menjadi takhta Spanyol), mendukung Espartero dan, seperti kota-kota Spanyol lainnya, membentuk junta revolusioner.

Selama periode panjang Restorasi (1875-1923), gejala caciquismo (jaringan hubungan sosial berdasarkan klientelisme yang menopang kehidupan politik di daerah pedesaan) menjadi meresap dalam kehidupan politik dan sosial Albacete.

Antara tahun 1900 dan akhir Perang Saudara Spanyol (1939), populasinya berlipat tiga. Sejumlah pekerjaan umum dasar dimulai pada waktu itu: sistem pasokan air dan saluran pembuangan (1905), Taman Abelardo Sanchez (1910–23), Jalan Tesifonte Gallego dan kawasan industri kota.

Selama Perang Saudara Spanyol (1936–39), setelah selang singkat dalam kekuatan pasukan yang memberontak melawan pemerintah Republik, kota itu jatuh kembali ke tangan Madrid. Untuk sebagian besar perang, pangkalan udara di Los Llanos adalah markas utama angkatan udara Republik.

Itu juga merupakan markas besar Brigade Internasional (pendukung gerakan Republik dari negara lain yang berperang dalam Perang Saudara Spanyol) dan sebuah monumen telah dibangun baru-baru ini untuk memperingati enam puluh tahun peristiwa tersebut. Volume pertama novel Peter Weiss The Aesthetics of Resistance terletak di rumah sakit hari Perang Saudara Albacete “Cueva La Potita”.

Dalam masa transisi menuju demokrasi, dua peristiwa yang paling signifikan adalah pembentukan Pengadilan Tinggi Castilla–La Mancha di Albacete pada tahun 1982, menurut pasal 23 Statuta Otonomi Masyarakat. Casa de Quevedo, dan konsolidasi Universitas, yang membawa kehidupan baru ke kota pada tahun 1985.

Geografi

Lokasi

Albacete terletak di Tenggara Semenanjung Iberia , di dataran La Mancha (bagian dari Dataran Tinggi Dalam ), pada ketinggian sekitar 686 meter (2.251 kaki). Wilayah sekitarnya, yang disebut Mancha de Albacete menonjol karena horizontalitasnya. Kotamadya sebagian besar terletak di daerah endorheik , rawan genangan air setelah hujan lebat. Dalam pengertian itu, inti perkotaan sebenarnya merupakan fokus endemik malaria sampai Kanal Kerajaan Albacete dibangun. Tanah setempat rendah bahan organik dan berisiko, meskipun sedikit, erosi.

Iklim

Albacete memiliki iklim semi-kering yang dingin (Köppen: Bsk ). Musim dingin sejuk sementara musim panas panas. Musim dingin dan musim panas biasanya kering. Karena sifat iklim kontinental, terdapat variasi suhu yang besar sepanjang tahun. Curah hujan rendah dan terutama terkonsentrasi di musim semi dan musim gugur biasanya jatuh dalam bentuk hujan, tetapi kadang-kadang ada salju.

Administrasi peradilan

Kota ini adalah rumah bagi Pengadilan Tinggi Castile-La Mancha (TSJCLM), pengadilan tertinggi di wilayah otonom. Presiden Pengadilan Superior Vicente Manuel Rouco Rodríguez, yang merupakan perwakilan tertinggi peradilan untuk Castilla-La Mancha . Pengadilan Tinggi, didirikan pada tahun 1989, berdasarkan Istana Kehakiman di Albacete, dibagi menjadi tiga kamar: Kamar Perdata dan Pidana, Badan Litigasi Administratif dan Ruang Sosial.

Kota ini juga menjadi tuan rumah Institut Kedokteran Hukum Albacete, Cuenca dan Guadalajara, yang cakupannya sesuai dengan provinsi homonim. Selain itu, ibukota Manchego adalah tempat Dewan Pengacara Castilla–La Mancha dan Asosiasi Notaris Castilla–La Mancha.

Tradisi hukum panjang Albacete kembali ke tahun 1834, ketika Pengadilan Wilayah Albacete (pendahulu Pengadilan Tinggi), yang memperluas yurisdiksinya atas provinsi Albacete dibentuk Ciudad Real dan Cuenca dan Murcia .

Kota ini juga memiliki Pengadilan Provinsi dan distrik yudisial kepala Albacete, provinsi yudisial No. 1 , yang demarkasinya terdiri dari kota dan lebih dari 15 kotamadya, terutama wilayah metropolitan, yang menambahkan seorang Dekan.

Prasarana hukum dilengkapi dengan dua pengadilan Tata Usaha Negara tiga pengadilan pengadilan, pengadilan anak, satu untuk kekerasan terhadap perempuan, tiga Pidana Tingkat Pertama, tiga pengadilan sosial. Dalam hal ini kita harus ingat bahwa Otonomi Komunitas dari Castilla-La Mancha tidak melaksanakan kekuasaan keadilan.

Semua pengadilan kota kecuali Pengadilan Tinggi Castilla–La Mancha akan berbasis di Kota Kehakiman yang baru di Albacete. Selain itu, di pinggiran kota adalah Penjara Albacete, yang dikenal sebagai Penjara Torrecica, didirikan pada 1981, dan Pusat Anak Albaidel, lahir pada 1993.

Demografi

Dengan 173.329 penduduk per 1 Januari 2019 menurut data dari INE , Albacete adalah kota terpadat yang paling dalam komunitas otonom dari Castilla-La Mancha , kota dengan jumlah tertinggi orang di Submeseta Selatan setelah Madrid dan salah satu kota-kota terdalam Spanyol yang paling padat penduduknya.

Tren demografi yang ditarik secara historis, pertumbuhan berkelanjutan agak melambat pada 1950-an, dan sangat kuat dalam beberapa tahun terakhir (+71% antara 1970 dan 2005, dan 13% antara 2000 dan 2008). Pada tahun 1999 terjadi pemisahan dan emansipasi Pozo Cañada dari munisipalitas Albacete, yang menjadikan dirinya sebagai munisipalitas independen.

Dari total 172.487 orang yang disurvei pada tahun 2014, 10.851 adalah warga negara asing, mewakili 6,3% dari total. Para imigran ini datang dari semua benua, koloni paling banyak berkebangsaan Rumania (1743), Bolivia (1 207), Maroko (1 074) dan Kolombia (974).

Menurut Gazetteer of 2013, munisipalitas selain ibu kota-kota Albacete itu mencakup organisasi lokal yang lebih kecil ( Aguas Nuevas ) dan enam belas daerah pedesaan (The Salobral, Santa Ana, Bacariza, Argamasón, Tinajeros , Campillo of Doblas , The Anguijes, Abuzaderas, Cerrolobo, Casa de las Monjas, House Captain, Great House, Los Llanos, The Pulgosa, The Torrecica dan Villar de Pozo Rubio).

Selama beberapa tahun ini menghasilkan fenomena demografi di sekitar kota Albacete, yang disebut daya tarik wilayah Metropolitan yang saat ini mencakup populasi 219.121 penduduk antara kota dan sekitarnya, dan dengan stok pertumbuhan yang kuat, yang proyeksinya untuk perkiraan 2020 melebihi 300.000, karena merupakan salah satu daerah dengan proyeksi pertumbuhan dan ekspansi tertinggi di seluruh tenggara Spanyol.

Wilayah metropolitan Albacete terdiri [ menurut siapa? ] dari Albacete dan empat belas lainnya di dekat ibu kota: La Roda , Tarazona de la Mancha , Burrows , Chinchilla de Monte-Aragon , Pozo Cañada , La Gineta , Balazote , Barrax , Valdeganga , Mahora , Motilleja , Fuensanta , La Herrera dan Montalvos. Setan yang digunakan untuk menggambarkan penduduk kota Albacete adalah albaceteño, -ña atau albacetense.

Ekonomi

Albacete adalah ekonomi utama Castilla–La Mancha . Kota ini saat ini mendasarkan ekonominya pada sektor perdagangan dan jasa, menjadi kepala area penjualan yang luas dengan lebih dari 556.723 orang dari 154 kotamadya yang tersebar di seluruh provinsi Albacete, Cuenca, Ciudad Real, Jaén, Alicante, Valencia dan Murcia.

Kota Albacete memiliki kawasan industri yang luas seperti Business Park Campollano atau Industrial Estate Romica, dan juga kawasan industri di Automotive (Ajusa Business Park), Aeronautics and Logistics Park of Albacete dan Science and Technology Park. Ada juga beberapa taman kota terdekat di wilayah metropolitan.

Aktivitas komersial sangat penting bagi kota dan Albacete adalah ibu kota komersial Castilla–La Mancha . Albacete memiliki sejarah panjang sebagai kota bisnis sejak paruh pertama abad keempat belas, sebagian melalui pameran pertanian dan pertaniannya yang menjadi titik pertemuan bagi orang-orang Spanyol tenggara. Lokasi geografis dan koneksi yang baik, ditambah dengan karakter kewirausahaan penduduknya telah meningkatkan kapasitas ini. Ini memiliki kalender pameran besar dan menarik (Pameran Dagang Albacete, IFAB) dan Balai Kongres modern.

Kesehatan

Sistem kesehatan masyarakat dikelola oleh Servicio de Salud de Castilla-La Mancha (SESCAM) regional , yang secara fungsional melapor ke departemen kesehatan Pemerintah Daerah Castilla-La Mancha .

Jaringan rumah sakit pada dasarnya terdiri dari rumah sakit umum yang dikelola oleh SESCAM dan rumah sakit lain yang dikelola oleh pusat kesehatan swasta: Rumah Sakit Umum Universitario de Albacete [ es ] , Rumah Sakit Universitario del Perpetuo Socorro de Albacete [ es ] , Centro de Atención a la Salud Mental de Albacete [ es ] , Rumah Sakit Quirónsalud Santa Cristina (dikelola secara pribadi), Clínica Nuestra Señora del Rosario (dikelola secara pribadi), Rumah Sakit IDCsalud Albacete (dikelola secara pribadi) dan Centro Sociosanitario Vital Parque (dikelola secara pribadi).